2009-02-15

Swalayan Ramayana Depok: dying place

Buat warga depok, jawa barat. Yang cukup lama tinggal di depok tentu tahu, sempat lama depok cuma punya 2 tempat kongkow: ramayana dpn terminal dan mall depok (plus borobudur dan hero di sebrang nya). Sekarang tentu warga depok udah di manjain detos, margo, dan tentu itc.
Salah satu andalan tiap mall tentu swalayan market nya: itc dgn carefour, mall depok dulu punya matahari (udah tutup mataharinya), detos punya hypermarket dan margo punya giant. Ramayana kayaknya ngurus sendiri swalayan nya so namanya swalayan ramayana.
Ramayana depok dulu salah satu langganan favorit gw, salah satu nya krn ramayana punya 21 sedang depok mall tidak (dan mall lain blm berdiri :)). Sedikit ber nostalgia, td mencoba mampir setelah dr rs mitra anterin nyonya sakit cacar (ada cerita sendiri ttg rs ini). N gw cukup ngenes n kasihan liat tempat ini.
First impression tentu sepi, kesedot mall mall lain yg lebih baru, apalagi musuh nya carefour jelas di sebrang jalan. Meski begitu msh adalah pengunjung nya. Kedua, AC nya pengap, atau malah gak pake AC. Gerah bgt. Gmn dia mau compete ama swalayan lain kalau ke sini serasa ke pasar lama depok? Terakhir, abis gw bayar di kasir, gw mencoba minta tambahan kantong plastik utk misahin belanjaan gw ama belanjaan nyonya, eh si mbak pake tanya ketus: utk apa pak? Udah gw bilang utk misahin belanjaan, eh dia masih mencoba menambah ketidaknyamanan dgn bilang: silakan dipisahkan langsung saja disini pak kalau kantong saja tidak boleh. Duh. Segitu 'material' kah harga satu kantong plastik bagi pembukuan ramayana swalayan sehingga segitu rewelnya? Pengalaman gw minta tambahan kantong plastik di giant gak pernah ditanya, tentu gw minta tambah 1 kantong plastik, bukan 1 pak. Berapa banyak sih org iseng yg minta kantong plastik ramayana utk dijual lagi? Yg pasti gw yakin yg gak nyaman dgn pertanyaan itu cukup banyak, termasuk gw salah satunya.
Sejauh pengamatan gw, semua institusi bisnis itu punya 'standard ke gentle an' tertentu yg layak, misal seberapa berharga sesuatu itu utk 'diributin'. Dan pengamatan gw lagi, makin rewel sebuah institusi bisnis terhadap 'uang recehan', duit kecil, biasanya identik dgn seberapa parah kondisi finansial institusi itu. Yg rewel bgt (gw nilai pertanyaan dan pernyataan ttg kantong plastik si petugas kasir ramayana termasuk kategori rewel bgt), artinya itu menunjukkan 'dapur' institusi itu sudah sekarat, menjelang bangkrut. Apakah ini yg sedang terjadi sama swalayam ramayana depok? Cuma waktu yg tahu jawaban semua tanya. Kita liat saja


Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar