2007-11-23

Squid di Windows


Blog ini di posting pake Safari di Windows, tentang Squid di Windows. Windows rule! Safari (Mac) dan Squid (Linux/*nix) dipaksa jalan di Windows :)

kantor kan tadinya koneksi pake radio, kemarin boss bilang mau ganti ke leased line. udah di pasang ama orang leased line nya, tapi link radio nya masih. mau ngubah ngubah routing koq males. jadi nya colok ke hub aja dari leased line. dari gateway yang ada juga dikeluarkan ke hub. dari hub, colok ke server gw yang W2003.

bikin w2003 gw dual IP (tapi gak dual home, ethernet nya cuma atu :( ). salut, Windows nya cukup smart untuk koneksi ke internet otomatis di buang ke IP publik dari leased line, padahal gak ada kayak nya gw nge set koneksi mana yang mesti dipake kalau ke Internet. Padahal baik langsung ke leased line atau ke gateway dulu trus lewat radio, mestinya sama sama bisa ke internet.

trus gw pasang deh squid di Windows. link nya ada koq di site nya squid, ini di maintain ole pihak ketiga, tepat nya ada di sini. Tadinya agak shock waktu lihat dia bukan installer, tapi zip. ikutan aja setting standard, di taruh di c:/squid, rename conf.default jadi conf aja, bikin swap (squid -z), install service (squid -i), trus udah deh running (net start squid). smooth. gak tahu nih performance squid nya di Windoez apa bisa se smooth di Linux/*nix.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar