2007-11-06

weakest link on 3G network

pagi ni nyoba connect 3G lagi. di status koneksi status nya tetep wuzzz, 480 Kbps. tapi koq buka yahoo mail luambat bgt ya ? apa ini artinya uplink telkomsel rodo dodol ? jadi pas jam kerja gini jadi lelet ?

ini yg mungkin perlu kita pahami. the strength of our link is as strenght as the weakest link, kata nya. koneksi dari pc kita ke modem pool nya network operator aja lah yang terpengaruh kualitas device kita: gprs, 3G atau 3.5 G. selepas dari titik itu, semua network juga menjadi terestrial, alias pake kabel FO (jarang lah network operator pake kabel jemuran hehhee).

so, kayak nya perlu disadarkan, kalau milih operator jaringan, selain issue 3G, 3.5G, dan price, perlu di tanyakan juga seberapa kuat bandwidth jaringan keluar masuk dari jaringan internet si operator ? kecuali kita bisa jamin bahwa koneksi kita cuma muter muter di jaringan yang sama, misal semua server kita di taruh jaringan si operator juga, dan kerja kita emang cuma ke server aja.

gw udah lama berpikir bahwa mestinya, semua operator layanan data (mau ISP atau sekarang mobile operator) mestinya memisahkan paket jualan dimana beban jaringan mereka terbebani jaringan keluar dari jaringannya atau gak.

ada gitu pasar layanan data yang tidak perlu layanan keluar ? ada lah, dulu ada orang jualan email akses only. sekarang sih kayak nya gak laku. tapi.. ada juga pasar layanan data yang sifat nya closed, cuma buat akses aplikasi online, bukan buat browsing. contoh: atm bank kan perlu koneksi ke server pusat bank, tapi tidak perlu buat browsing. jadi beban jaringan nya kan bisa di hitung, seberapa yang perlu di konek dari network center nya si operator ke network center nya si bank.

atau .. kembali ke postingan gw ttg layanan mobile, kan bisa di geser tuh, layanan sms premium dijadikan layanan closed, dimana orang instead of kirim sms premium, sekarang akses layanan web yang hanya bisa diakses dari network si penyedia service aja. jadi dijamin tidak membebani jaringan keluar si operator.

gw yakin, itung itungan cost internal jaringan dan jaringan interkoneksi dengan pihak luar itu beda, at least itu yg gw lihat di dunia internet (IP). Di dunia telephony gw gak terlalu tahu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar