2008-08-08

esekusi mati <-- ala abad pertengahan


tadi malem TVOne ada acara live, meliput eksekusi mati Rio Alex Bulo aka. Rio Martil di Purwokerto. Mungkin gw juga perlu menyesali diri, knp gw mesti ikut nonton liputan live ini, artinya menambah rating acara live eksekusi mati, dan memberi alasan industri media untuk menjadikan pembunuhan oleh negara ini sebagai tontonan.

Yang tidak kalah mengenaskan nya, begitu banyak orang yang berkumpul di sekitar penjara purwokerto, ketika ditanya, mereka katanya mau lihat eksekusi Rio Martil. Jawaban yang yang disampaikan tanpa dosa, tanpa emosi, dan tanpa perasaan bahwa mereka sedang menunggui seseorang anak manusia yang sedang di jadwalkan untuk meregang nyawa.

gw jadi berpikir, apa beda nya kita kita ini dengan mereka mereka yang ada di film film abad pertengahan, yang rame rame ke alun alun nonton orang di penggal ? tidak adakah beda nya moralitas kebiadaban kita dengan ... mereka mereka yang hidup .. 1000 tahun lalu ?

1 komentar:

  1. Tapi yg jelas hukuman mati ada "shock effect" buat yg masih hidup biar ngga' ikut2 melakukam pembunuham mas.
    Yang jelas, menurut "survey" negara2 yg melakukan hukuman mati seperti saudi arabia (hukuman jaman pertengahan, hehe) lebih sedikit tingkat kejahatan pembunuhannya dibandingkan negara2 "modern" yg menggunakan hukum abad "millenium" kyk inggris :)

    BalasHapus