2008-08-01

mobil berbahan bakar air ? it's a fool

kompas punya artikel baru hari ini, mobil ber bahan bakar air dari jepang. Sayang nya, wartawan kompas kurang rajin Googling or Wikipediing (nyari di Wikipedia :). kalau rajin, dia akan ketemu artikel yang cukup up todate gw rasa: semua ini boong!
Bukan boong mungkin tepat nya, tetapi pemahaman yang tidak pas tentang proses proses themodinamika! Seperti ada orang medan yang bikin pembangkit listrik gaya gravitasi :(, ini jelas jelas salah kaprah. atau, pengertian yang kurang lazim tentang apa itu bahan bakar .. mungkin jg mereka bener, setelah definisi bahan bakar di perbaharui.

ttg mobil bahan bakar air dari jepang, dia memerlukan zat / katalis MEA untuk memisahkan hidrogen dari air. jika, jika MEA dapat diambil langsung dari alam, maka netto energi nya betul bisa dianggap bahan bakar air. lha kalau bikin MEA nya perlu energi listrik misal, trus ini listrik di dapet dari PLN yang masih pake genset solar, ya ini boong besar. Yang harus di perjelas, MEA nya dari mana ? atau, paling tidak dari sisi ekonomi, kalau biaya bikin MEA dapat lebih murah dari harga BBM, untuk output daya yang sama, baru bisa dianggap terobosan. jika tidak, ya sama saja dengan Joko si Banyu Geni, koar koar pas mau diperiksa polisi langsung sakit jantung.

ttg yang di medan (lupa baca dimana), orang ini memakai batere untuk menarik bandul ke atas, lalu bandul nya, (yg gw baca dan pahami) akan turun memutar generator. dia menyebut nya tenaga gravitasi. ini salah kaprah bgt. itung itungan fisika nya, tenaga yang di gunakan untuk menarik beban setinggi N meter akan sama persis dengan tenaga yang di release pas bandul turun N meter sampai posisi semula. nah, karena tidak ada mesin yang 100% efisien, maka akan ada tenaga yang di release ke alam pada saat proses penarikan bandul, jatuh nya bandul, muter genset, dan menghasilkan listrik. so ? ini lebih konyol dari si Genepax dari jepang itu kayak nya, terlau polos...

mungkin, sebelum malu maluin, para 'inventor' itu mesti buka lagi buku buku fisika SMA (jaman gw di pelajari di SMA), untuk lebih memahami perilaku dan kehendak alam..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar