2008-10-04

Cek tiket

Selepas cirebon ternyata tiket di kontrol lagi. Kalau nurut gw, mekanisme ticketing di kereta adalah salah satu yg paling gak efisien. Ticket di tunjukkan di pintu masuk (gmn petugas tahu tiket nya valid utk kereta yang benar), di cek di sekitar purwokerto (it's ok, tapi yg nggabrul naik dr kta ke gombong gak ke detect) n di cek lagi di cirebon (buat ngecek yg naik dr cirebon ? Gmn mbedain nya ? Brp banyak ?). Walhasil, petugas tiket cirebon sebenarnya melakukan pekerjaan redundancy yg gak minim sekali nilai lebih nya buat PT KAI. Dari sisi efisiensi, jelas ini pemborosan krn semua petugas tiket harus digaji, diberi jenjang karir, dst. Mungkin PT KAI perlu menyewa konsultan independen utk me review lagi tata kelola nya yg mungkin sekarang banyak bersandar pada: lha cara ini sudah dilakukan dr jaman belanda ngoperasiin kereta api di jawa!!

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar